Pages

Minggu, 22 Januari 2017

3D Teknologi

Teknologi Printing 3D




 

printer 3D adalah salah satu teknologi terbaru di dunia percetakkan,dimana teknologi percetakkan 3 dimensi ini akan menjadi salah satu tren teknologi di masa depan. Perkembangan teknologi tidak terbatas pada gadget ataupun komputer bahkan alat pembantu seperti mouse speker bahkan printer pun mengalami perkembangan seperti komputer maupun gadget. Di dunia percetakan teknologi seperti printer terus dikembangkan hingga diprediksikan teknologi printer 3D ini diciptakan. alat ini berbentuk 3 dimensi dimana sebuah objek 3D dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan atau dikenal dengan sebagai prototipe atau stereolithography.

printer 3D ini akan menghasikan benda padat bukan seperti mencetak selembar 2D seperti printer yang sudah biasa anda gunakan. printer 3D  ini akan melengkapi teknologi 2D yang sudah lama kita gunakan sebagai alat cetak yang outputnya berupa lembaran dua dimensi

proses pembuatan menggunakan 3D printer adalah dengan cara objek dibangun layer demi layer hingga membentuk objek yang sempurna menggunakan material tertentu. 3D printer menganut teknologi additive manufacturing dimana objek terbangun dengan membentuk layer per layer material bukan membuang material seperti cutting. terdapat sejumlah teknologi dalam dunia 3D printing. masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.


cara kerja printer 3D

cara kerja mesin ini hampir sama dengan printer 2D namun hanya sisi desain nya yang berbeda.

1.desain model

jika ingin melihat hasil kerja dari printer 3D anda harus buat dulu desain model dalam bentuk 3 dimensi  dan ini juga menggunakan software khusus untuk model desain 3D (seperti autocad) yang mendukung printer 3D tersebut. contohnya anda ingin mendesain gambar 3D robot untuk anak-anak maka untuk percobaan nya menggunakan software 3D

2. printing

jika telah selesai mendesain robotnya anda bisa langsung print di print 3D. proses mencetak pun mulai lamanya mencetak tergantung besar dan ukuran model.

3. finishing

setelah dicetak proses terakhir pun dilakukan dengan melihat hasil cetakkan desain 3D robot yang anda buat tadi.

 contoh hasil dari 3D printer














critical review: 

kelebihan:

kelebihan dari printer 3D ini adalah untuk pembuatan sebuah produk dan sebuah produk sekarang bisa dilakukan dengan mudah, dengan menggunakan 3D ini pembuatan nya cepat dan detail dengan teknik ini, hal ini dikarenakan majunya teknologi yang sudah dikembangkan untuk software dan printer3D. biasanya dalam pembuatan satu objek membutuhkan waktu sekitar 1 menitan bahkan bisa juga kurang. tetapi jika pembuatan objek rumit maka bisa makan lebih dari itu. dalam menggunakan 3D printing ini tentu saja lebih efisien waktu. dan 3D printer ini dapat memproduksi produk-produk pabrikan seperti sepatu,perhiasan,baju,phone case,mainan,bahkan mobil.

kekurangan:

kekurangan dari printer 3D ini adalah 3D printer ini ternyata tidak serta merta diterima baik oleh masyarakat.salah satu efek buruk dengan adanya 3D printer ini adalah  matinya pekerjaan-pekerjaan manufaktur. selain itu 3D printer juga tidak praktis dalam beberapa hal,salah satunya adalah dalam material pembentuk. printer 3D juga memiliki keterbatasan yakni cuma bisa menyediakan satu jenis material saja untuk satu mesinnya. dampak lain yang bisa disebabkan oleh berkembang pesatnya 3D printing adalah matinya sebuah copyright. dan hal ini orang bisa sesuka hatinya mencetak barang-barang yang mereka inginkan dengan hanya bermodalkan rancangan atau gambar dalam bentuk sof filenya saja.

kritik:

teknologi 3D  printer cukup mebahayakan maka perlu dikembangkan satu solusi yang tepat agar bisa menyeimbangkan keberadaan 3D printer ditengah kehidupan sosial,ekonomi dan budaya masyarakat dunia.

saran:

sebenarnya sisi baik dan buruknya itu bukan semata-mata dari teknologi 3D itu sendiri,melainkan dari campur tangan manusia yang kurang bertanggung jawab. termasuk juga dalam teknologi  3D printer ini, beberapa kelompok orang menyalah gunakan teknologi ini untuk menciptakan senjata illegal.






sumber : 
http://teknologi-site.blogspot.co.id/2015/08/perkembangan-teknologi-printer-3d.html

Nama : Muhamad Irfan Maulana
NPM : 14115388
Kelas : 2KA30

1 komentar: