Pages

Rabu, 29 November 2017

PERBANDINGAN SISTEM CERDAS TENTANG TEKHNOLOGI DI 3 NEGARA

1. Sistem Transportasi Cerdas Taiwan

  Dikenal denga Taipei Metro System, pada dasarnya ini adalah kereta listrik yang membelah kota Taipei dengan lima alur yang berbeda. Kita bisa menemukan Statiun Metro dengan mudah di setiap suut jalan kota Taipei. Untuk menaiki Metro kita harus membeli Easy card (atau dikenal juga dengan Yo-Yo card) seharga 200 NT, itu sudah termasuk deposit 100 NT untuk bepergian ke seluruh Taipei.



Cara kerjanya begini; di pintu masuk setiap stasiun kita akan melewati pintu dengan menempelkan easy card kita ke sebuah mesin sensor. Sensor itu akan berkedip lalu memunculkan jumlah deposit dalam kartu, dan membuka pintunya. Kita tinggal masuk ke stasiun, lalu menunggu di depan jalur kereta yang diinginkan. Biasanya papan LED di tempat boarding (kereta melintas) dan lampu di dekat rel akan menyala kalau kereta datang. Ketika kereta berhenti, pintunya hanya akan membuka selama 30 detik ,Jadi jangan lelet, harus segera masuk. Tetapi kalaupun kita ketinggalan, kita cukup menunggu 2-5 menit untuk kereta berikutnya. Dan biasakan selalantri!

Nah, di dalam kereta, tersedia papan LED sebagai petunjuk kereta akan memasuki stasiun apa. Petunjuknya tersedia juga dalam bahasa Inggris, jadi jangan khawatir. Oh ya, di dalam stasiun dan di dalam kereta, kita dilarang makan dan minum. Dan jangan duduk di bangku berwarna biru gelap karena itu priority seat untuk orang tua, disabled person, ibu hamil atau yang membawa anak kecil. Meski sedikit goyang, Naik Taipei Metro sangat nyaman banget, saya sampai kecanduan. Kalau anda sempat ke Taipei, jangan lupa sempatkan naik ini, recommended banget deh, murah meriah



2. Sistem Transportasi Cerdas Singapura

   Memenanggi  4 dari 14 kategori Smart City Functional Eservices, Singapura baru-baru ¡ni dinobatkan IDC Asia/Pacific sebaai salah satu kota di Asia Pasifik (tanpa jepan) yana memiliki inisiatif Smart City paling luar biasa (The Most Outstanding Smart City Initiative).



   Negara kota (city state) yang  terletak di ujun paling selatan benua Asia ini mengunguli kota-kota lainnya di kateori Transportation, Smart Water Land Use & Environmental Management, dan Education. Tempat kedua diduduki Tiongkok yang menyabet kemenanan melaLui tisa inisiatif.
Di kateori Transportation, Sinapura memijiki inisiatif Intellegent Transport Systems (ITS). Sistem ini mengintegrasikan berbagai data yang ditankap melalui aneka sistem untuk menhasilkan informasi yang bermanfaat bagi para pengguna jaLan maupun bisnis.



Intelligent Transport Systems Keterbatasan lahan dan populasi penduduk yang cukup padat mengharuskan Sinapura memanfaatkan ruang denah lebih efisien, termasuk pemanfaatan ruang untuk kebutuhan tranpsortasi.Melalui insiatif intellgent Transport Systems (ITS), Pemerintah Sinapura berharap dapat mengoptimalkan kapasitas road network secara efisien dan meningkatkan keamanan sarta kenyamanan para pengguna jalan. Selain itu, ITS juga berperan penting dalam menjaga lingkungan, terutama kebersihan udara.




3. Sistem Transportasi Cerdas Indonesia

   Salah satu model solusi kemacetan yang bisa dijadikan contoh adalah yang dilakukan oleh kota JakartaIndonesia. Dengan manajemen lalu lintas dan  Infrastruktur transportasi di kota itu yang tergolong bagus dan modern, tak heran bila kunjungan wisatawan asing dari tahun ke tahun terus meningkat.


Jakarta juga pernah mengalami masalah besar dalam kemacetan lalu lintas. Sejumlah strategi dikembangkan dan salah satunya adalah mengembangkan mode transportasi ke jenis kereta api dan bus yang terintegrasi. Ada LRT (Light Rapid Transport), kereta yang berjalan sesuai program komputer dan tanpa pengemudi, serta monorail.

Kesimpulan

Jadi , dari ketiga perbandingan tersebut indonesia sudah mulai mengembangkan mode transportasi agar tidak terjadi kepadatan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan panjang, walaupun negara tetangga sedikit lebih maju moda transportasi nya indonesia pasti bisa lebih maju kalau masyarakatnya taat akan peraturan dan senang memakai transportasi umum yang sudah dibuat pemerintah.


http://properti.kompas.com
www.taiwan.net.my/id/transportation
http://www.dephub.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar